Desanesia. Terus berinovasi meningkatkan kualitas layanan publik, Dinas Dukcapil Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu menyatakan komitmen akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.
Kepala Dinas Dukcapil Suwanto mengatakan tujuan inovasi yang dilakukan pihaknya untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan dengan berbagai pilihan pelayanan, khususnya pelayanan berbasis digital.
“Mengingat perkembangan jaman saat ini semua orang dituntut untuk bekerja secara efektif dan efisien, maka itu kami disdukcapil akan mengakomodir suatu pelayanan aplikasi yang bisa diakses lewat Smartphone,” kata Suwanto, Rabu, (27/3).
Suwanto menjelaskan saat ini pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri terus mensosialisasikan penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD) kepada masyarakat.
“IKD atau digital ID merupakan KTP berbasis yang menjadi solusi atas penerbitan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). IKD hadir dalam bentuk aplikasi bernama Identitas Kependudukan Digital yang bisa diunggah melalui perangkat seluler,” ujarnya.
IKD adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data diri dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.
“Aplikasi ini nantinya dapat memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat tanpa harus mengunjungi dinas dukcapil, cukup dengan aplikasi berbasis android/Smartphone yang di unduh di playstore, semua pelayanan administrasi kependudukan dapat di akses,” demikian Suwanto. [nto]